MAKALAH
SOFTSKILL TENTANG E-COMMERCE (Blibli.com)







  
Mata Kuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi

Disusun Oleh :                                               NPM

Artama Putra P                                            10117985
Evan Ridho Gusti Sukarno                         12117001
Fahmi Ilmawan                                             12117067
Laksamana Krisna Putra                             13117267
La Ode Muhammad I Z                                 1B118760
Ferdinand Marpaung                                    12117312


Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Jurusan Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019




STANDAR INTERNAS MANAJEMEN PELAYANAN TI

1. STRATEGY MANAGEMENT FOR IT SERVICE
  • Penerapan E-bisnis dari sisi Teknologi
Dari sisi teknologi, Blibli.com turut diperkuat oleh IBM lewat software e-commercenya, IBM Websphere Commerce. Software ini membantu Blibli.com menggunakan strategi pemasaran lewat media sosial. Analisa yang dilakukan software ini membantu menjangkau pasar yang lebih luas, memahami tren terbaru, dan merespon kebutuhan pasar dengan cepat. Blibli.co juga hadir dalam bentuk Facebook Store dan Mobile Store yang memudahkan konsumen untuk berbelanja dimana saja dan kapan saja dengan media yang sesuai.
Blibli.com didukung sistem yang terintegrasi, mulai dari sistem manajemen di gudang penyimpanan, manajemen stock, sistem quality control, proses packaging, hingga pengiriman barang yang tepat waktu. Sistem Manajemen pergudangan Blibli.com terintegrasi dengan semua barang yang masuk dan keluar dapat terdata dengan rapi dengan online database, sehingga stok barang mulai dari jumlah, jenis hingga lokasi penempatan di dalam gudang terdata secara real-time.
Microservices mungkin selama beberapa tahun belakangan sudah sangat familiar terdengar bagi para programmer, terutama bagi yang banyak bergelut dengan backend dan arsitektur pada umumnya. Penjelasan konsep sederhana dari microservices ini adalah memecah sebuah service besar (monolith) kedalam service-service yang lebih kecil. Microservices selama ini diyakini lebih baik dibeberapa hal dibandingkan monolith salah satunya dalam hal independensi dan kejelasan tanggung jawab dari masing-masing service. Sayangnya pendekatan microservices ini belum jamak diaplikasikan ke dalam arsitektur frontend.
Pun dengan Blibli.com yang selama bertahun-tahun berpengalaman menangani sebuah aplikasi UI monolith besar dan kompleks. Sedikit saja perubahan terjadi dalam aplikasi UI tersebut maka keseluruhan aplikasi UI ini wajib melakukan ritual deployment yang bisa saja memiliki potensi menyebabkan efek samping terhadap website yang sedang live. Padahal di backend sudah selama bertahun-tahun kita mengadopsi konsep microservicepada aplikasi kita sehingga deployment tidak harus melibatkan keseluruhan service melainkan cukup pada service yang membutuhkan saja.
Pada pertengahan tahun 2017 kemarin kita memiliki kesempatan untuk melakukan rewrite pada beberapa halaman website Blibli.com dan kesempatan ini sekaligus digunakan untuk menata kembali arsitektur frontend agar bisa mengikuti konsep backend kita yakni microservice atau bila diterapkan pada aplikasi UI lebih dikenal dengan Micro-frontends. Pada dasarnya kita ingin mencapai hal yang sama yang sudah dicapai oleh aplikasi backend kita yakni independensi baik pada saat developmentdeployment sampai pada tahap maintenance.
Jika teman-teman pernah membaca sedikit banyak mengenai micro-frontends di https://micro-frontends.org/ maka bisa memahami kalau konsep yang mereka tawarkan itu agnostic terhadap framework atau tidak terikat kepada salah satu framework, jadi apapun framework yang digunakan bisa tetap bekerja. Namun hal yang kita bangun tidak *segila* itu, kita tidak sedang membuat sistem yang agnostik terhadap framework. Dalam hal ini kita tetap pada pilihan awal kita untuk implementasi framework Vue.js dan kita ingin mengimplementasikan framework ini secara kaffah dan tidak mau mencampuradukkan dengan framework lain. Jadi intinya kita akan memanfaatkan kelebihan Vue.js untuk membuat arsitektur UI kita bisa lebih micro dan terpecah-pecah ke beberapa ownership yang berbeda.

🛠 Arsitektur


                            
Ilustrasi arsitektur micro-frontend di Blibli.com
Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari pemecahan aplikasi UI di Blibli.com kedalam aplikasi yang lebih kecil-kecil. Pemecahan dilakukan dengan memberikan masing-masing tim yang berkaitan dengan bisnis proses halaman tertentu untuk bertanggung jawab terhadap repositori kode yang telah dibuat independen dan tidak perlu bergantung dengan repositori lain. Sementara sebagai orkestrator kita membuat Main Layout yang bertugas menentukan aplikasi mana yang harus dimuat ketika berada di halaman tertentu. Sebagai tambahan, orkestrator ini juga bertugas menangani berbagai proses dan interaksi dengan pengguna yang memang common atau tidak terkait dengan suatu proses bisnis spesifik seperti login, registrasi, dll.
Dari gambar contoh arsitektur diatas, bila diimplementasikan kedalam UI website Blibli.com saat ini maka kurang lebih akan terlihat seperti berikut :


Ilustrasi penerapan arsitektur micro-frontend di halaman member rewards
Bisa terlihat bahwa kita meletakkan headerfooter dan berbagai hal umum kedalam Main Layout yang juga menjadi orkestrator dari keseluruhan aplikasi UI yang ada. Konten yang dimuat ditengah akan diatur oleh Main Layout yang bisa jadi berasal dari berbagai modul lain yang berbeda-beda dimana pada contoh gambar diatas berasal dari module member.

🚀 Teknologi

Untuk mengimplementasikan arsitektur yang telah dijelaskan diatas tentu kita memanfaatkan berbagai teknologi seperti berikut :

 

NGINX

 

Reverse proxy menggunakan NGINX
Micro-frontends memungkinkan kita untuk melakukan deployment ke serveryang berbeda-beda dan untuk membuat hal ini menjadi tidak terasa oleh pengguna maka kita memanfaatkan NGINX untuk melakukan reverse proxy dan membuat seolah-olah semua berasal dari satu sumber yang sama. Hal ini juga diperlukan untuk routing berbagai assets dengan pattern yang telah ditentukan agar bisa mengarah pada modul yang tepat. Karena kita menggunakan Single Page Application pada aplikasi micro-frontend ini maka NGINX juga berperan untuk mengembalikan semua halaman yang ditentukan agar mengambil index.html yang selalu sama sehingga routinghalaman bisa ditentukan oleh kode frontend.

💚 Multiple Vue.js Instance

Seperti sudah sedikit disinggung diatas bahwa kita akan menggunakan framework Vue.js secara utuh untuk aplikasi UI yang baru ini. Namun dengan konfigurasi standard yang disediakan oleh official template seperti webpack hal ini tidak mungkin dilakukan dikarenakan memang pada kondisi normal Vue.js Apps menggunakan single repository dan single entry script untuk masing-masing aplikasinya.
Kebutuhan kita untuk implementasi micro-frontends ini adalah memungkinkan kita membuat lebih dari satu aplikasi didalam satu halaman url yang masing-masing aplikasi ini berasal dari repositori yang berbeda-beda dan server yang berbeda-beda pula. Untuk melakukan hal ini, kami menggunakan lebih dari satu Vue Instance didalam satu halaman website Blibli.com dimana masing-masing instance berasal dari repositori yang berbeda.
Tentu saja tidak semulus dan semudah itu pada prakteknya untuk mengimplementasikan banyak Vue Instance didalam satu halamanada banyak tantangan yang akan ditemui seperti bagaimana orkestrator bisa mengetahui app.js yang di-generate bersama hash yang menempel pada file tersebut, belum lagi harus distribusi route satu sama lain, serta universal vuex store antar repositori sehingga modul dibawah tetap bisa menggunakan vuex store dari orkestrator. Tapi apalah artinya software engineer bila tidak ada tantangan? Makin hebat tantangan yang ada, makin puas pula nanti perasaan kita ketika bisa menaklukan tantangan tersebut


2. SERVICE PORTOFOLIO MANAGEMENT

l        Layanan Pelanggan, Berbagai layanan disediakan pihak blibli.com untuk membantu dan           memudahkan para pelanggannya. Berikut Layana yang ditawarkan blibli.com

a.       Costumers service, pengguna dapat menghubungi customer service melalui telepon, live chat atau email untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.
b.      Cek status pemesanan, Layanan ini untuk membantu konsumen mengetahui status barang yang telah dipesan.
c.       Pannduan blibli.com, ini salah satu layanan penting dalam situs ini. Pengguna dapat mengetahui segala informasi dan panduan berbelanja di blibli.com serta mendapatkan jawaban dari pertanyaan umum yang sering dipertanyakan pengunjung pemula.
d.      Cicilan 0% bagi pengguna kartu kredit, ini salh satu keistimewaan berbelanja di blibli.com. biasanya ketika kita berbelanja menggunakan kartu kredit kita akan dikenakan bunga cicilan, tetapi tidak ketika kita berbelanja di blibli.com dengan ketentuan cicilan 0% untuk tenor 6 dan 12 bulan dengan syarat minimum pembelanjaan Rp500.000.
e.       Gratis biaya pengiriman ke seluruh indonesia, Blibli.com menyediakan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia dengan ketentuan berikut ini:
·         Berlaku untuk metode pengiriman dengan JNE dan NCS.
·         Layanan gratis pengiriman tidak berlaku untuk produk-produk di kategori Vacuum Cleaner, Dispenser, Oven, Microwave, Kompor, TV LCD, TV LED, TV Plasma, Home Theater Box, Printer, Scanner & Fax, Gitar & Aksesoris, Bass & Aksesoris, dan Sepeda.
·         Layanan gratis pengiriman untuk produk car seat dan kereta dorong bayi hanya berlaku di area JABODETABEK.
·         Khusus metode pengiriman dengan NCS, layanan gratis pengiriman juga tidak berlaku untuk kategori produk: TV UHD, TV CRT, Proyektor, Peralatan Golf, Lampu Depan Mobil, Lampu Belakang Mobil, Aksesoris Lampu Mobil, Bohlam Mobil, dan Mainan Remote Control.
·         Layanan gratis pengiriman untuk produk kategori Snack Bayi, Susu Formula Anti Alergi, Susu Formula, Multivitamin & Suplemen, Sereal, Makanan Bayi, Nutrisi Ibu Hamil & Menyusui, Popok Kain, Popok Sekali Pakai, Tissue Basah, Deterjen Khusus Bayi, dan Kebersihan Bayi hanya berlaku untuk pembelanjaan di atas Rp 200.000.
f.        Pengembalian produk, blibli.com menjamin barang yang dipesan sampai dengan selamat kepada pemesan. Apabila terjadi kesalahan atau kerusakan pihak penerima berhak mengajukan klaim kepada pihak bliblicom.

Promo, Pihak blibli.com memiliki promo-promo yang dapat diikuti oleh setiap pelanggannya. Misalnya potongan harga untuk beberapa item/produk tertentu
Terobosan dilakukan Blibli.com untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia dengan memberikan service demi kepuasan konsumen. Salah satunya adalah inovasi produk otomotif yang merupakan pelopor e-commerce Indonesia yang berhasil menjual produk otomotif untuk kendaraan roda dua dan empat. Tak hanya itu saja, ekspansi Blibli.com di sektor travel dengan menghadirkan hotel dan tiket online untuk travel berhasil diwujudkan anak perusahaan Djarum ini. CEO Blibli.com, Kusumo Martanto, mengaku, terobosan ini menjawab kebutuhan konsumen yang menginginkan one stop shopping pada sebuah platform e-commerce. “Lebih jauh lagi, kami juga memberikan kesempatan pada produk buatan tangan-tangan kreatif Indonesia lewat Galeri Indonesia. Ini menjadi diferensiasi brand Blibli.com di banding e-commerce lainnya,” ungkapnya. Untuk itu, Blibli.com meluncurkan BlibliNOW, aplikasi yang menjembatani pasar offline dan online untuk bisa merasakan benefit lebih dalam pengalaman belanja. “Ini bukti kami senantiasa menggabungkan inovasi teknologi, branding, dan selling.
2.         Dengan BlibliNOW, pembeli datang ke offline store (toko tradisional) dan melakukan transaksi dan mendapatkan semua keuntungan layaknya beli via online. Lewat BlibliNOW, pembeli dapat langsung membawa pulang barangnya dengan cicilan 0% yang menjadi daya tariknya. Sisi lain yang menjadi terobosan Blibli adalah menggelar kompetisi digital “The Big Start Indonesia” yang merupakan kompetisi webseries pertama di Indonesia. “The Big Start Indonesia” mengajak creativepreneur untuk menampilkan produk terbaiknya dan berkesempatan menjadi merchant di Blibli.com. Finalis yang terpilih juga dibekali dengan skill intrepreneur, fi   nance, dan marketing,” ungkap Kusumo.


3. FINANCIAL MANAGEMENT FOR IT SERVICE

Jenis Pendapatan dari Blibli.com Jenis pendapatan dari Blibli.com adalah dari penjualan, karena blibli membeli produk jadi milik sendiri dan kemudian dijual. Dimana blibli menjual barang mulai dari makanan, pakaian, alat elektronik dan lainnya. Transaksi dapat dilakukan dengan cara tunai maupun secara kredit dengan bunga cicilan 0%. Namun ada juga produk yang dimiliki oleh merchant dan blibli.com mendapatkan pendapatan dari transaction fee atau mendapatkan fee dari setiap transaksi produk yang dimiliki oleh merchant.

Blibli.com adalah salah satu startup e-commerce yang mengusung konsep sebagai online mall. Dengan konsep itu Blibli berharap masyarakat yang terbiasa belanja di mall bisa menemukan barang yang mereka cari dengan mudah dan menyenangkan dimanapun dan kapanpun.

Blibli diluncurkan pada 25 Juli 2011 oleh PT Global Digital Niaga (GDN)—Djarum Group. Pada tahap awal, GDN menyuntikkan dana investasi sebesar US$ 10 juta.
Menurut Kusumo Martanto, CEO Blibli.com, hingga akhir tahun 2015, total investasi yang telah dibenamkan GDN untuk mendukung pengembangan Blibli telah mencapai US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun.

4.DEMAND MANAGEMENT

1. Blibli.com akan terus mengembangkan layanan-layanannya berbasis teknologi terkini. Blibli.com sedang mengembangkan fitur-fitur yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) karena kedua teknologi ini akan semakin meningkatkan pengalaman berbelanja, sejalan dengan komitmen terhadap kepuasan pelanggan.

2. diblibli.com belum mempunyai fitur chat penjual hanya ada fitur diskusi untuk e-commerce sekelas blibli.com fitur antara penjual & pembeli seharusnya sudah ada karena e-commerce lain sudah menerapkan fitur chat antara penjual & pembeli secara pribadi.

3. blibli.com fitur trackingnya belum rinci/detail seperti pada saat kita mengorder barang blibli.com hanya memberikan notif mengirim barang - diterima kurir – sampai tujuan,kalau sperti ini kita tidak mengetahui barang berada dilokasi mana pada saat kita mau mengecek.

 5. BUSSINES RELATIONSHIP MANAGEMENT

1.      Enrichment from Experts
blibli.com juga menghadirkan artikel-artikel yang informatif dan bermanfaat serta review produk dari para expert untuk membantu Anda Safe and Secure Shopping
membuat keputusan yang smart dan tepat dalam berbelanja.

2.      Blibli.com mengambil momentum awal tahun untuk meresmikan kerjasama dengan Pos Indonesia dalam menghadirkan kiosk Blibli In Store di seluruh Kantorpos se-Jabodetabek dan Jawa Barat, termasuk kerjasama dalam pengadaan fasilitas pembayaran menggunakan Pospay dan pengiriman barang menggunakan Pos Kilat Khusus hingga retur barang secara gratis melalui Kantorpos bagi yang melakukan transaksi di kiosk Blibli In Store. Kerjasama ini disepakati sebagai strategi dalam memperluas jangkauan pasar Blibli.com sekaligus membawa pelanggan Pos Indonesia Go Digital.

3.      Jasa logistik partner ditentukan oleh Blibli.com sesuai dengan jenis pengiriman yang Anda pilih (Standar atau Ekspres). Berikut adalah jasa logistik partner yang ada di Blibli.com: BES (Blibli Express Service) Messenger, JNE, NCS, RPX, Etobee, First Logistics, Primatama, NSS, SAP, GO-SEND, GRAB, Lion Parcel, SiCepat, dan Pos Indonesia.

4.      Bank yang bekerjasama dengan Blibli Instore , yaitu bank (BCA, BRI, BNI, BUKOPIN, CIMB NIAGA, CITI, DANAMON, DIGI BANK, HSBC, MANDIRI, MNC BANK, OCBC NISP, PANIN BANK, PERMATA BANK, SHINAN INDO CARD, STANDARD CHARTERED, UOB).

Dan disini hanya beberapa bank saja yang didapat dalam kerja samanya yaitu sebagai berikut :

Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Sebagai wujud komitmen memberikan ragam fasilitas pembayaran terbaik bagi pelanggan maka dengan bangga PT Global Digital Niaga (GDN) sebagai pemilik situs belanja online Blibli.com mengumumkan kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., atau kita kenal dengan nama Bank BRI, untuk menyediakan fasilitas pembayaran e-
Payment (e-Pay) BRI.

Secara resmi pada Kamis 11 Maret 2013, Blibli.com menghadirkan fitur pembayaran e-Payment (e-Pay) BRI sebagai salah satu metode pembayaran yang dapat dipilih konsumen, sekaligus memberikan program-program istimewa bagi para nasabah BRI yang ingin berbelanja di situs Blibli.com.
“Kami menyambut gembira kerjasama dengan Bank BRI yang merupakan salah satu bank nasional dengan jaringan pelayanan terluas dan tersebar di seluruh Indonesia, serta memiliki fasilitas electronic channel (e-channel) yang lengkap. Kemitraan ini juga sejalan dengan motto Blibli.com yaitu Anytime, Anywhere Shopping! yang memungkinkan setiap orang di Indonesia dapat menikmati cara berbelanja yang mudah, fun, dan terpercaya,” demikian dikemukakan oleh Chief Executive Officer (CEO) GDN, Kusumo Martanto.

Kusumo Martanto mengatakan bahwa kemudahan dalam membayar transaksi belanja di situs belanja online menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam bisnis e-Commerce. Sehingga penyediaan berbagai pilihan fasilitas pembayaran yang sekaligus dapat dipercaya, merupakan prioritas utama yang akan terus dikembangkan oleh Blibli.com.
Saat ini Blibli.com merupakan situs e-Commerce dengan pilihan fasilitas pembayaran paling lengkap di Indonesia. Fasilitas e-Pay BRI menambah variasi metode pembayaran konsumen Blibli.com yang sebelumnya telah difasilitasi melalui KlikBCA, KlikPay BCA, Mandiri ClickPay, transfer virtual account BCA dan Mandiri, CIMB Clicks, dan semua kartu kredit berlogo Visa dan MasterCard. Selain itu, pembayaran belanja online di Blibli.com juga bisa menggunakan fasilitas dompet elektronik operator telekomunikasi XL yaitu XL Tunai, atau memanfaatkan fasilitas Cicilan 0% dengan Visa dan MasterCard BCA.

Kunci keberhasilan dalam membangun bisnis e-Commerce adalah terciptanya suatu ekosistem e-Commerce yang merupakan solusi belanja dengan dukungan kemudahan skema pembayaran, proses pengiriman, penyediaan barang-barang berkualitas, dan customer care. Selain itu perlu kemampuan membangun program, konten, dan aktivitas kreatif lainnya.

Bank SBC (Standard Chartered Bank)

Standard Chartered Bank umumkan kerjasama strategis bersama mal online Blibli.com yang menawarkan beragam penawaran istimewa dan menarik bagi para nasabah saat melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit Standard Chartered Bank. Program-program tersebut mencakup penawaran istimewa sepanjang tahun, seperti diungkapkan oleh Chief Executive Officer (CEO) Standard Chartered Bank Indonesia Shee Tse Koon dengan disaksikan oleh CEO Blibli.com Kusumo Martanto
Chief Executive Officer Standard Chartered Indonesia Shee Tse Koon menjelaskan bahwa peluncuran beragam program istimewa melalui kerjasama strategis dengan Blibli.com ini merupakan bagian dari rencana pengembangan Standard Chartered Bank secara agresif di Indonesia.

Riset menunjukkan bahwa saat ini nasabah di Indonesia menghabiskan sekitar Rp 5.5 juta per tahun dalam melakukan transaksi via online, dimana 48% di antaranya adalah berusia 30-40 tahun dengan pendapatan lebih dari Rp 10 juta per bulan. Riset menunjukkan adanya peningkatan pesat dalam transaksi belanja yang dilakukan secara online dengan menggunakan kartu kredit. Sebagai salah satu bank internasional tertua di Indonesia, Standard Chartered menyadari bahwa perbankan harus berevolusi guna memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin mobile.


Program-program istimewa dan menarik tersebut mencakup tiga pilar yaitu:
  • Everyday Spending, Tambahan Diskon 7% Setiap Hari Semua Produk
Program khusus dengan diskon istimewa untuk beragam transaksi setiap hari selama setahun untuk semua produk, yaitu: diskon 7% berupa diskon langsung untuk transaksi dengan   menggunakan kartu kredit Standard Chartered Visa Platinum, dan diskon 5% untuk
transaksi dengan menggunakan kartu kredit Standard Chartered lainnya, tanpa minimum transaksi dengan nilai maksimum diskon sebesar Rp300,000.
  • Kejutan setiap tanggal 5, 15, dan 25
Progam Flash Sale yang memberikan harga sangat spesial untuk produk-produk dari berbagai kategori di Blibli.com. Flash Sale ini akan dilaksanakan di setiap tanggal 5, 15, dan 25 setiap bulannya.
  • Program Festival
Program transaksi dengan benefit spesial seperti diskon langsung atau cashback, khusus dikemas pada pada periode musim-musim liburan seperti liburan sekolah, Lebaran, Natal, dan Akhir Tahun. Selain itu, akan dijalankan juga program-program yang khusus berjalan pada kategori – kategori produk yang ada di Blibli.com seperti elektronik, ibu dan anak, lifestyle, atau otomotif.

Selain ketiga program tersebut di atas, Standard Chartered juga menggelar program khusus yaitu program “Grand Launch” yang berlaku dari tanggal 1 hingga tanggal 5 Maret 2016, dimana nasabah dapat menikmati belanja online dengan nilai hanya Rp50,000, Rp150,000, dan Rp250,000 untuk transaksi antara pukul 10:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB setiap hari selama lima hari tersebut.



Daftar Pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Bahasa Indonesia